PENYULUHAN TENTANG PENYAKIT CACINGAN PADA ANAK-ANAK DAN MASYARAKAT

https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss3.38

Authors

  • Miratu Megasari STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Bela Fiska STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Balita, Penyakit Cacingan, Puskesmas Simpang Baru, Pekanbaru

Abstract

Sekitar 60 persen orang Indonesia mengalami infeksi cacing. Kelompok umur terbanyak adalah pada usia 5-14 tahun. Angka prevalensi 60 persen itu, 21 persen di antaranya menyerang anak usia SD dan rata-rata kandungan cacing per orang enam ekor. Data tersebut diperoleh melalui survei dan penelitian yang dilakukan di beberapa provinsi pada tahun 2006.

Penyebaran cacing salah satu penyebabnya adalah kebersihan perorangan yang masih buruk. Dan dapat menular diantara murid sekolah yang sering berpegangan tangan sewaktu bermain. Sampai saat ini penyakit cacingan masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia, terutama daerah pedesaan. Pencegahan infeksi berulang sangat penting dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat seperti menghindari kontak dengan tanah yang kemungkinan terkontaminasi feses manusia, cuci tangan dengan sabun dan air sebelum memegang makanan, lindungi makanan dari tanah dan cuci atau panaskan makanan yang jatuh kelantai. Beberapa peneliti ternyata menunjukkan bahwa usia sekolah merupakan golongan yang sering terkena infeksi cacingan karena sering berhubungan dengan tanah (Depkes RI, 2004).

Laporan dari dinas kesehatan kota Pekanbaru salah satu indicator PHBS penyakit cacing disebabkan kebanyakan anak-anak tidak membiasakan diri untuk mencuci tangan mereka dengan bersih karna pengetahuan, kesadaran ibu dan akan kepedulian orang tua terhadap anaknya masih kurang untuk mengajarkan anaknya untuk hidup sehat seperti mencuci tangan dengan air dan sabun. Oleh karena itu maka rumusan masalah pada pengabdian masyarakat ini adalah Memberitahu apa itu penyakit cacing dan cara pencegahannya.

Setelah selesai melakukan penyuluhan ini diharapkan kepada orang tua dan anak-anak Puskesmas Simpang Baru dapat memahami tentang penyakit cacingan dan faktor-faktor yang mempengaruhi tentang penyakit cacingan.

Pengendalian penyakit cacingan dapat menurunkan prevalensi dan intensitas penyakit cacingan sehingga dapat menunjang peningkatan mutu sumber daya manusia, guna mewujudkan manusia yang sehat. Program pemberantasan cacingan menghasilkan perbaikan besar baik bagi kesehatan perorangan maupun masyarakat, yaitu dengan bebas penyakit cacingan produktivitas meningkat, dengan berprilaku hidup bersih dan sehat, kita bebas penyakit cacingan, Penyakit cacingan hilang dan prestasi meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-04-26

How to Cite

Megasari, M., & Bela Fiska , B. F. . (2021). PENYULUHAN TENTANG PENYAKIT CACINGAN PADA ANAK-ANAK DAN MASYARAKAT. Prosiding Hang Tuah Pekanbaru, 1(3), 40–44. https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss3.38