FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN PRIMA DI RUANG RAWAT INAP KEBIDANAN RSIA ERIA BUNDA PEKANBARU TAHUN 2019
https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss1.69
Keywords:
Sikap, Tindakan, Penampilan, Tanggung JawabAbstract
Pelayanan prima (Service Excellent) merupakan usaha yang melayani kebutuhan orang lain atau yang berarti membantu dan menyiapkan apa yang diperlukan oleh seseorang.dengan arti prima atau excellent adalah bermutu tinggi dan memuaskan. Masih rendahnya mutu pelayanan prima di RSIA Eria Bunda Pekanbaru dapat dilihat dari survey awal dimana pelayanan yang diberikan belum baik seperti, masih adanya fasilitas yang tidak berfungsi, fasilitas yang belum diperbaharui dan, perawat dan bidan yang kurang ramah kepada keluarga pasien.Yang mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Prima Di Ruang Rawat Inap Kebidanan RSIA Eria Bunda Pekanbaru Tahun 2019’. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengandesain cross sectional. Respondennya adalah pasien yang berjumlah 94 orang.Dengan demikian pengambilan sampel secara simple random sampling atau acak sederhana. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dan pengolahan data menggunakan komputerisasi. Hasil penelitian dari 4 variabel ditemukan keempat variabel tersebut berhubungan dengan mutu pelayanan prima, yaitu sikap dengan p value 0,048 < 0,05, tindakan dengan p value 0,000 < 0,05, penampilan dengan p value 0,023 < 0,05, dan tanggung jawab dengan p value 0,035 < 0,05.