PELATIHAN KADER DALAM PENGUATAN LAYANAN KESEHATAN JIWA DI PUSKESMAS LANGSAT
DOI:
https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol2.Iss1.138Keywords:
Kesehatan jiwa, ODGJ, posyandu jiwa, pelatihan kaderAbstract
Layanan kesehatan jiwa merupakan bagian integral dari sistem kesehatan yang meliputi pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi gangguan mental. Di Indonesia, tantangan layanan kesehatan jiwa masih signifikan, dengan prevalensi gangguan jiwa yang cukup tinggi, terutama di wilayah Riau. Di Puskesmas Langsat, Kota Pekanbaru, layanan kesehatan jiwa terbatas pada rujukan ke rumah sakit dan kunjungan rumah yang tidak rutin. Sesuai Standar Pelayanan Minimum capaian pelayanan ODGJ berat idealnya 100%, namun pelayanan yang diberikan masih kurang optimal dengan penurunan jumlah pasien yang terlayani dari 72,2% pada 2022 menjadi 25% pada 2023. Sebagai solusi, pembentukan Posyandu Jiwa diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa secara rutin dan berkelanjutan. Kegiatan ini melibatkan pembentukan Posyandu Kesehatan Jiwa, pemilihan serta pelatihan kader yang bertugas untuk memberikan layanan kesehatan jiwa. Pelatihan kader bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan layanan di posyandu kesehatan jiwa meliputi pemeriksaan fisik pasien, cara perawatan diri, serta keterampilan hidup ODGJ. Hasil kegiatan menunjukkan pembentukan Posyandu Kesehatan Jiwa di Puskesmas Langsat beserta tujuh kader yang terlatih dengan rata-rata pengetahuan mencapai 91,4%. Diharapkan, pembentukan Posyandu Kesehatan Jiwa ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan jiwa di masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jasrida Yunita, Hetty Ismainar, Nurlisis Nurlisis, Anggi Wahyuni, Kharisma Yuhana Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



