PENYULUHAN MENCUCI TANGAN YANG BENAR PERAWATAN GIGI DAN KUKU DI TK GUGUS TENAYAN RAYA PEKANBARU

https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss3.35

Authors

  • Berliana Irianti STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Nur Israyati STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Putri Marissa STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

kebersihan Tangan, Gigi mulut, Kuku

Abstract

 

Perilaku mencuci tangan adalah masalah sepele. Begitu sepelenya hingga banyak orang mengabaikannya, padahal perilaku mencuci tangan mampu mencegah berbagai jenis penyakit. Pemeliharaan kebersihan diri sangat menentukan status kesehatan, di mana individu secara sadar dan atas inisiatif pribadi menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit. Upaya ini lebih menguntungkan bagi individu karena lebih hemat biaya, tenaga dan waktu dalam mewujudkan kesejahteraan dan kesehatan. Upaya pemeliharaan kebersihan diri mencakup tentang kebersihan rambut, mata, telinga, gigi, mulut, kulit, kuku, serta kebersihan dalam berpakaian.

Keadaan mulut dan gigi yang tidak terawat memberikan bakteri di dalam mulut keleluasaan untuk berkembang biak, sehingga memungkinkan terjadinya penyakit gusi dan kerusakan gigi. Merawat kuku merupakan salah satu aspek penting dalam mempertahankan perawatan diri karena berbagai kuman dapat masuk kedalam tubuh melalui kuku selain mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Berdasarkan survey yang dilakukan masih banyak ditemukan masalah dalam keluarga tentang pentingnya melakukan kebersihan hygiene pada anak-anak pra sekolah diTK Gugus Tenayan Raya. Maka dari itu, perlu diatasi dengan diadakannya penyuluhan tentang kebersihan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-04-26

How to Cite

Irianti, B., Israyati, N., & Marissa, P. (2021). PENYULUHAN MENCUCI TANGAN YANG BENAR PERAWATAN GIGI DAN KUKU DI TK GUGUS TENAYAN RAYA PEKANBARU. Prosiding Hang Tuah Pekanbaru, 1(3), 24–28. https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss3.35

Conference Proceedings Volume

Section

Articles