Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Bahaya Gigitan Nyamuk Pada Bayi, Balita dan Ibu Hamil

https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss2.77

Authors

  • Ika Putri Damayanti STIKes Hang Tuah Pekanbaru
  • Dita Rahifah STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

bahaya gigitan nyamuk, peningkatan kesadaran

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap individu masyarakat yang harus dipenuhi oleh setiap bangsa dan negara. Termasuk kewajiban negara untuk memproteksi masyarakatnya tertular penyakit yang dianggap berbahaya.

Berdasarkan hasil survey mahasiswa DIII Kebidanan Stikes Hang Tuah Pekanbaru yang dilakukan di RT 003 RW 003 Desa/Kelurahan Maharani, Kecamatan Rumbai didapatkan bahwa mayoritas rumah penduduk banyak terdapat Nyamuk dan agas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti malaria, Demam Berdarah Dengue (DBD), chikungunya, demam kuning, filariasis limfatik dan japanese ancehephalitis (radang otak)

Kegiatan sosialisasi kesehatan lingkungan  “upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang bahaya gigitan nyamuk†yang telah diselenggarakan pada tanggal 27 November 2019 pukul 09.30 WIB di kawasan rumah warga RT 003 RW 003 Kelurahan Maharani Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, yang dihadiri warga setempat. Setelah dilakukan kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Bahaya Gigitan Nyamuk dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada masyarakat untuk dapat menjaga kesehatan lingkungan dari bahaya gigitan nyamuk.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-04-29

How to Cite

Putri Damayanti, I., & Rahifah, D. (2021). Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Bahaya Gigitan Nyamuk Pada Bayi, Balita dan Ibu Hamil. Prosiding Hang Tuah Pekanbaru, 1(2), 22–25. https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss2.77