HUBUNGAN SENAM HAMIL DENGAN KEMAJUAN PERSALINAN

https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss2.23

Authors

  • Ika Putri Damayanti STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

Senam hamil, Kemajuan Persalinan

Abstract

Senam hamil sangat penting dilakukan untuk proses persalinan. Saat menghadapi persalinan umumnya ibu-ibu dilanda rasa cemas dan panik. Hal ini yang membuat otot-otot dijalan lahir dan sekitarnya menghambat kelancaran proses persalinan. Lewat berbagai latihan dan penjelasan diharapkan ibu lebih percaya diri dan tidak panik dalam proses persalinan. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dengan metode wawancara pada 7 orang ibu bersalin, 4 (57,15) ibu mengatakan pernah mengikuti senam hamil dan 3 (42,8%) ibu mengatakan tidak pernah mengikuti senam hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan senam hamil terhadap kemajuan persalinan di Bidan Praktik Mandiri.

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain cross sectional. Penelitian ini diadakan di BPM pada tanggal 02 Februai hingga 31 Maret tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin di Bidan Praktik Mandiri dan sampel diperoleh sebanyak 34 responden, dengan teknik sampling yaitu secara purposive sampling. Pengambilan data menggunakan data primer dengan menggunakan lembar cheklist, pengolahan data dilakukan secara komputerisasi dan analisa data dilakukan dengan cara univariat dan bivariat. Hasil penelitian univariat diperoleh sebagian besar responden melakukan senam hamil sebanyak 18 orang (52,8%) dan mengalami kemajuan persalinan sebanyak 21 orang (61,8%). Sedangkan analisa bivariat diperoleh hasil terdapat hubungan yang siginifikan antara hubungan antara senam hamil dengan kemajuan persalinan dengan nilai p.value = 0,006 < 0,05. Diharapkan kepada tenaga kesehatan dapat memberikan informasi tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kemajuan persalinan seperti senam hamil.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-04-25

How to Cite

Putri Damayanti, I. (2021). HUBUNGAN SENAM HAMIL DENGAN KEMAJUAN PERSALINAN. Prosiding Hang Tuah Pekanbaru, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.25311/prosiding.Vol1.Iss2.23

Conference Proceedings Volume

Section

Articles