INOVASI TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS DALAM LIVE STREAMING TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN BISNIS FASHION THRIFT
Keywords:
IoT, Live Streaming, Thrifting, TikTok, Pemasaran DigitalAbstract
Perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) telah membawa dampak besar bagi berbagai sektor industri, salah satunya adalah industri fashion, khususnya dalam bisnis pakaian bekas impor atau Thrifting. TikTok, sebagai platform media sosial dengan fitur Live Streaming, telah menjadi saluran efektif bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan berinteraksi langsung dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan teknologi IoT dalam fitur Live Streaming TikTok terhadap perkembangan bisnis fashion Thrifting, dengan fokus pada toko Dastev.thrift. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara tak terstruktur dan analisis konten Live Streaming di TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur Live Streaming TikTok, yang didukung oleh teknologi IoT, memungkinkan penjual untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan interaksi real-time, serta memperkuat hubungan antara penjual dan konsumen. Toko Dastev.thrift mencatatkan peningkatan signifikan dalam jumlah followers dan pendapatan, membuktikan bahwa strategi pemasaran ini efektif dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa IoT melalui Live Streaming TikTok dapat menjadi sarana yang sangat berpengaruh dalam mengembangkan bisnis Thrifting, terutama dalam menciptakan pengalaman belanja yang lebih personal dan interaktif. Dengan demikian, pelaku bisnis disarankan untuk lebih memanfaatkan teknologi IoT dan fitur Live Streaming TikTok untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan memperluas jangkauan pasar.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Regina Regina, Shazia Ahuja, Muhammad Suhail, Muhammad Dafa Aunarrahman, Fitri Hidayaningsih, Dona Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.